Rabu, 23 Agustus 2017

Tips Untuk Pekerja Lepas Agar Dapat Berhemat

Pekerja lepas atau freelance seperti diketahui memiliki sumber penghasilan yang tidak konsisten, pendapatannya tergantung dari tugas yang dikerjakannya. Ya, setiap pekerjaan termasuk bekerja sebagai freelance pasti ada keuntungan dan kelemahannya.

Di satu sisi, Anda bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan uang sebanyak yang Anda inginkan. Tetapi di sisi lain Anda juga bisa mendapatkan sangat sedikit uang jika pekerjaannya minim, terkadang klien juga tidak membayar tepat waktu, atau bahkan beberapa hari Anda tidak bekerja di setiap bulan yang menyebabkan rendahnya penghasilan.

Bukan rahasia lagi bahwa freelancer bertanggung jawab untuk berbagai macam biaya tambahan, sama seperti pekerja tetap seperti biaya asuransi, kesehatan, keperluan pribadi, dan lainnya. Sehingga, menyimpan lebih banyak uang adalah suatu keharusan.

Melansir laman Due, berikut adalah tiga macam cara yang bisa dilakukan agar pekerja freelance dapat menyimpan lebih banyak uang:

1. Mulai Menggunakan Anggaran Total Nol


Apa sebenarnya yang dimaksud dengan anggaran total nol? Dan bagaimana sistem anggaran ini bisa mendukung manajemen finansial Anda? Anggaran total-nol memaksa Anda "menghabiskan" tiap rupiah yang diperoleh, dan yang dimaksud bukanlah memboroskannya untuk makan-makan dan sebagainya.

Tapi mengalokasikan semua pendapatan ke kategori yang berbeda dalam kolom keuangan, seperti asuransi, cicilan rumah/kendaraan, biaya hidup sehari-hari, dan lainnya. Untuk melakukan hal ini, Anda tidak memerlukan spreadsheet atau program yang rumit. Anda hanya perlu kertas, pena, dan hasrat untuk mulai menyusun anggaran.

Selain semua biaya normal Anda, tetapkanlah jumlah yang pasti untuk tabungan dan biaya kecil yang tak terduga, sehingga Anda pun tidak perlu mengandalkan tabungan darurat jika ada keterpaksaan kondisi.

2. Otomatiskan atau Auto Debet Tabungan Anda

Jika sudah bisa memenuhi kebutuhan pribadi dan merasa masih sulit untuk menabung, sebaiknya buatlah tabungan Anda otomatis atau auto debet.

Misalnya diprogram ke bank setiap mendapat pemasukan dana di rekening, maka uang Anda pun otomatis dikurangkan untuk mengisi tabungan yang memang dikhususkan untuk jangka panjang tanpa bisa diambil.

Dengan begitu, Anda bisa menabung dan menyimpan uang langsung untuk masa depan. Menyimpan dan menabung dengan cara ini akan membantu menempatkan uang Anda dengan baik.
Kenaikan honor

3. Pertimbangkan Meminta Kenaikan Honor​


Jika Anda benar-benar tidak mampu menutupi semua pengeluaran dan menyisihkan sebagian uang untuk ditabung guna memenuhi tujuan Anda, pertimbangkan untuk meminta sedikit kenaikan honor pada klien yang bekerja sama.

Jika Anda telah bekerja dengan klien untuk waktu tertentu dan lama, kinerja Anda akan menunjukkan bahwa Anda mampu membuktikan diri dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki, maka tidak ada salahnya meminta kenaikan honor. Misalnya kondisi terburuk klien tidak menyetujui, setidaknya Anda telah berusaha.

Bahkan jika bayaran Anda hanya naik sedikit dari proyek atau perusahaan, Anda dapat tetap hidup pada standar Anda saat ini dan menyimpan kenaikan yang sedikit itu setiap bulannya. Percayalah, tabungan Anda bisa bertambah.

Akhirnya menabunglah dan buat ini menjadi kebiasaan. Jika Anda merasa sudah mencoba metode menabung secara tradisional namun tidak berhasil, pertimbangkanlah tiga pilihan di atas dan biasakan menyisihkan pendapatan Anda, seingga Anda bisa menyimpan dan menabung secara konsisten setiap bulan.​

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *