Rabu, 06 September 2017

Lakukan Ini Sebelum Memutuskan Membeli Rumah Dijual Murah

Membeli rumah dijual murah second adalah alternatif untuk memiliki hunian. Meski harganya lebih rendah daripada rumah baru tapi tetap ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Rumah second memiliki kelebihan dan kekurangnnya. Salah satu kekurangannya adalah rumah tersebut cacat atau harus diperbaiki. Oleh karena itu, Anda mesti teliti dalam membeli rumah bekas.
Langkah pertama yang harus disiapkan adalah dana. Tentukan target rumah dijual murah yang ingin Anda beli.  Apakah menginginkan rumah dengan lantai 1 atau 2 lantai dan paling penting ketahui berapa kisaran harganya. Setelah itu, siapkan dana dan jangan digunakan untuk apapun sebelum mendapatkan rumah yang tepat. Agar tidak salah harga, lebih baik cari tahu harga pasar rumah di lingkungan sekitar. 

Sebab, terkadang ada penjual yang memberikan harga terlalu mahal dibandingkan harga rumah disekitarnya. Untuk melihat kisaran harga rumah sekitar, Anda bisa menggunakan situs Urbanindo. Fiturnya mampu membuat Anda tahu berapa harga rumah di wilayah yang Anda incar itu. Setelah tahu berapa harga pasaran, lalu mulailah periksa sekeliling lingkungan rumah, tetangganya ramah atau tidak, dll.

Karena rumah dijual murah yang akan Anda beli nantinya juga sebagai tempat tinggal keluarga. Jangan diabaikan bagaimana kesan lingkungan sekitar. Itu bisa mempengaruhi kenyamanan tinggal Anda. Kalau point-point tersebut sudah terpenuhi, selanjutnya jika Anda menggunakan jasa broker, pilih broker yang handal atau bisa dipercaya, untuk menghindari yang tidak diinginkan. 

Tanyakan umur bangunannya apakah sudah terlalu tua atau belum. Apabila belum berarti Anda tidak perlu terlalu banyak untuk renovasi lagi.  Periksa juga kondisi rumah secara detail, mulai dari dinding rumah, lantai, kusen, kondisi ruangan, dan jangan lupa untuk memeriksa kondisi air. Bagian terpenting adalah memeriksa dokumen perlengkapan rumah. Periksa keaslian sertifikat (SHM), Sertifikat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), bukti Pajak Bumi Bangunan (PBB). 

Lakukan pengecekan keaslian pada semua dokumen. Kalau ternyata namanya tidak sama dengan nama penjualnya, menanyakan status hubungannya. Jika tidak dilakukan Dibalik Nama, mintalah Perjanjian Jual Beli berlaku di atas rumah. Semua proses jual beli harus dilakukan secara jelas dan sepengetahuan petugas resmi setempat. Jangan sampai Anda membeli rumah hanya tahu seluk beluk rumah saja, tanpa adanya perjanjian diatas kertas. 

Jika seperti itu, efek buruknya akan datang dikemudian hari yang memungkinkan Anda rugi besar.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *