Minggu, 12 November 2017

Pilih Kredit Mobil Pakai KTA atau di Bank? Pertimbangkan 7 Hal Ini Dahulu

Jimsbrew - Saat ini permintaan terhadap mobil relatif tinggi, apalagi di kota-kota metropolitan dan megalopolitan. Hal ini tidak terlepas dari berbagai tawaran menarik (cenderung mudah) yang diberikan oleh lembaga pembiayaan. Kredit mobil ialah jalan yang paling banyak ditempuh oleh masyarakat terutama yang belum mampu membayar cash. Mungkin Anda bingung, pilih kredit pakai KTA atau di Bank? Sebelum memutuskan, Anda harus pertimbangkan 7 hal ini.

1. Pilih Proses Pengajuan yang Cepat atau Lama?

Nah, ini dia, pertanyaan mendasar yang harus bisa Anda jawab karena ini bersifat subjektif. Jika Anda lebih suka dengan proses yang relatif cepat, sebaiknya Anda pilih pinjam uang online, atau yang juga bisa disebut sebagai KTA. Ketika Anda mengunjungi Tunaiku.com, misalnya. Di sana Anda bisa melihat dengan jelas bagaimana proses yang mereka tetapkan dalam hal pinjaman dana. Itu bisa dikatan sangat mudah, cepat, dan jelas tahapannya.

2. Apakah Anda Punya Agunan (Jaminan) atau Tidak?

Kenali dulu kondisi Anda. Jika Anda tidak memiliki agunan sebagai persyaratan pengajuan kredit, maka ada baiknya Anda tidak mengajukan kredit di bank. Seperti yang kita ketahui, bank tidak akan pernah mau memberikan kredit kepada siapapun jika mereka tidak memiliki agunan. Bank memiliki tipe risk averse: menghindari risiko. Oleh karena itu, mungkin Anda bisa memilih KTA (Kredit Tanpa Agunan) sebagai sumber pembiayaan.

3. Lebih Suka Persyaratan yang Mudah atau Ribet?

Jika Anda memutuskan untuk mengajukan kredit mobil di bank, maka Anda harus siap untuk menjalani tahap yang relatif panjang karena persyaratan yang ditetapkan terbilang banyak. Namun, bagaimana dengan KTA? Ini ialah alternatif bagi Anda yang lebih suka simple dalam urusan persyaratan.

4. Pilih Pelunasan Jangka Pendek atau Jangka Panjang?

Anda harus mampu melihat kondisi finansial Anda untuk melihat kesanggupan dalam hal pelunasan cicilan kredit. Jika Anda merasa tidak sanggup melunasi cicilan dalam jangka waktu pendek, maka KTA tidak cocok untuk Anda. Sebaliknya, bank bisa menjadi alternatif lain.


5. Mau Pinjam dalam Skala Besar atau Kecil?

Kembali lagi, lihat kondisi keuangan Anda. Jika Anda merasa butuh suntikan dana yang lumayan besar, ada baiknya tidak meminjam melalui KTA. KTA hanya memberikan pinjam dalam skala yang relatif kecil. Dengan demikian, mungkin Anda bisa mempertimbangkan pinjaman dari bank.

6. Pertimbangkan Proses Pencairan Dana

Diantara beberapa orang mungkin hal ini termasuk yang sangat penting apalagi jika mereka membutuhkan dana cepat. Jika Anda juga begitu, ada baiknya Anda memilih KTA daripada di bank. Sebenarnya, ini relatif. Namun, KTA bisa dikatakan lebih cepat dari bank dalam hal pencairan dana.

7. Pertimbangkan Besaran Suku Bunga

Mana yang lebih besar suku bunga di Bank atau KTA? Sebagian orang sering mengatakan meskipun KTA mempermudah siapapun untuk melakukan pinjaman, namun bunga yang dibebankan cukup besar. Padahal itu tidak sepenuhnya benar, besar atau kecil itu relatif. Suku bunga pada KTA berkisar 3 s.d. 6% sedangkan di bank 6 s.d. 10%. Anda bisa menilainya sendiri.

Sudah semestinya Anda memahami terlebih dahulu terutama kondisi finansial Anda sebelum mengajukan kredit, baik dengan pinjaman uang online (KTA), atau pinjaman di bank. Selain itu, Anda juga harus melakukan perhitungan atau pertimbangan tertentu sebelum memutuskan untuk memilih sumber pembiayaan. Terlepas dari semua itu, Anda juga harus memiliki alasan yang kuat kenapa Anda harus memiliki mobil. Pastikan untuk hal yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *