Rabu, 24 Januari 2018

Cara Membuat Kopi yang Enak, Menyehatkan, dan Aman Diminum Lansia


Jimsbrew - Kopi merupakan minuman hangat favorit orang dewasa di seluruh dunia selain teh dan susu. Cara membuat kopi yang enak merupakan salah satu faktor utamanya. Jika sebelumnya kandungan kafein di dalamnya bisa membawa dampak negatif, kini sudah ditemukan banyak dampak positifnya sehingga aman dikonsumsi lansia. Simak cara membuatnya berikut ini.

Pertama, pilih kopi terbaik. Kopi terbaik tidak harus kopi luwak. Anda bisa mendapatkan manfaat lebih dari kopi yang ditanam dengan metode dan pemrosesan yang tepat.  Selain itu, sangat disarankan untuk memilih kopi organik yang tidak tercemari oleh pestisida, herbisida, dan pembasmi hama lainnya.

Kedua, kurangi komposisi gula, apalagi pemanis buatan. Awalnya pemanis buatan memang dianggap bagus karena kalorinya lebih rendah daripada gula yang mengandung fruktosa tinggi. Tapi, kini banyak hasil penelitian yang membuktikan bahwa pemanis buatan bisa mengundang berbagai macam penyakit. Sebagai gantinya, gunakan gula kelapa organik.

Ketiga, tambahkan kakao dan kayu manis. Faktor inilah yang paling menentukan dalam pembuatan kopi yang enak sekaligus menyehatkan. Seperti yang sudah umum diketahui bahwa kakao, teh, dan kopi kaya akan zat antioksidan. Jadi, selain rasanya yang enak, aman untuk pencernaan, juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Nah, dengan kombinasi kakao dan kopi, maka kandungan antioksidannya menjadi lebih baik dan mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Jangan lupa untuk menggunakan kakao yang organik juga seperti kopinya. Sedangkan untuk kayu manis, bahan herbal ini juga sangat populer karena perannya yang besar dalam memperkuat aroma dan citarasa masakan.


Begitupula dengan kopi, kayu manis menjadi kombinasi yang unik untuk menghasilkan minuman kopi dengan citarasa terbaik. Bahkan, kayu manis juga berperan menurunkan risiko diabetes. Karena, kayu manis mendorong penurunan gula darah, trigiserid, dan kolesterol pada penderita atau orang yang memiliki peluang besar untuk terkena penyakit ini.

Keempat, hindari penambahan krimer. Krimer memang membuat tampilan kopi menjadi lebih menarik. Tapi, krimer yang saat ini beredar di pasaran cenderung memiliki kandungan yang tidak alami. Alterntif lainnya jika Anda ingin mencoba minum kopi campuran, sebaiknya pilih kopi susu dengan susu yang berasal dari susu nabati (misalnya susu kedelai).

Kelima, saring kopi racikan Anda. Bukan hanya minyak goreng yang memerlukan penyaringan untuk mendapatkan kualitas terbaiknya. Kopi pun perlu proses penyarinagn ini jika Anda ingin mendapatkan manfaat lebih dari minuman favorit Anda ini.

Jadi, dengan dilakukannya penyaringan menggunakan kertas filter, zat berbahaya dalam kopi yang disebut diterpenes bisa dihilangkan. Zat ini bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Sementara kandungan positif lainnya yang ada dalam kopi, seperti kafein dan antioksidan tidak ikut tersaring.

Selain kelima cara membuat kopi yang enak tersebut, Anda juga sangat dianjurkan untuk meminumnya di pagi hari atau menjelang siang. Hal ini dikarenakan beberapa orang dari kalangan lansia, lebih senditif terhadap kafein. Oleh karena itu, jika diminum menjelang Ashar, dikhawatirkan akan mengganggu istirahat pada malam harinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *