Selasa, 16 Januari 2018

Jangan Lupa Pakai Jaket Gunung di 5 Tempat Wisata Ini

Jimsbrew - Pergi berwisata tentulah menjadi kesukaan Anda. Terlebih jika pergi ke daerah yang udaranya segar dan sejuk. Anda beberapa tempat wisata yang membuat Anda harus menggunakan jaket gunung agar tidak kedinginan. Biasanya tempat wisata yang dingin juga membuat Anda harus menggunakan sepatu gunung. Berikut tempat wisata yang memiliki suhu yang dingin.


1.    Kawasan Wisata Berastagi 

Berastagi terletak di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara. Secara geografis, kota ini berada pada ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut (dpl) yang merupakan satu kawasan dengan deretan panjang Bukit Barisan.

Berastagi memiliki suhu rata-rata 17 hingga 19 derajat celcius setiap harinya. Jika hujan turun maka suhu akan menjadi lebih kecil dan itu berarti akan sangat dingin. Bagi Anda yang ingin bermain di Berastagi tentu jangan sampai lupa untuk membawa jaket gunung kalau tidak Anda akan kedinginan.

Di daerah Berastagi Anda bisa datang ke lokasi wisata dengan menempuh jarak 3 km yang lokasinya lebih dingin yaitu puncak gundaling yang memiliki ketinggian 1.575 meter dari permukaan laut. Tidak hanya di saat siang hari hingga tengah malam pun Anda dapat menikmati tempat wisata selama Anda tahan dengan udara yang dingin.

2.    Kota Batu Malang

Batu  menjadi salah satu tempat terdingin yang menarik untuk di datangi karena ada banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Letaknya yang berada pada ketinggian 700 hingga 1.700 meter di atas permukaan laut menjadikan suhu udara di daerah Batu berkisar dari 12 hingga 19 derajat celcius. 


Di Indonesia Batu merupakan salah satu kota wisata terkemuka karena potensi keindahan alam yang dimilikinya. Bahkan negara luar seperti Belanda menilai Kota Batu sejajar dengan sebuah negara di Eropa yaitu Swiss.dan mereka menyebut Kota batu sebagai Swiss kecil di pulau Jawa.

Suhu yang dingin di Batu disebabkan karena lokasinya yang dikelilingi oleh delapan gunung yang menawan dengan keindahannya. Jangan pernah coba-coba untuk tidak memakai jaket gunung saat berwisata di Batu jika Anda melakukan itu maka Anda tidak dapat menikmati dengan leluasa seluruh keindahannya saat berwisata.

3.    Lembang, Bandung

Lokasi wisata Lembang yang berada pada ketinggian antara 1.312 hingga 2.084 meter di atas permukaan laut. Titik tertingginya tempat wisata di sekitar lembang ialah di puncak Gunung Tangkuban Parahu. Suhu rata-rata di daerah ini berkisar antara 17°-27 °C. yang tentu terasa dingin.

Dengan lokasi geografis yang dimilkinya Lembang menjadi salah satu lokasi dengan daya tarik wisata alam khas pegunungan yang memiliki panorama yanhg indah dengan udara yang sejuk. Wajar saja jika lembang menjadi tempat wisata kekinian yang sangat ramai dituju namun itu tidak membuat hilangnya udara yang sejuk di daerah ini.

4.    Kawasan Puncak Bogor

Lokasi Puncak Bogor terletak pada ketinggian rata-rata 700-1.800 m di atas permukaan laut dan berada di sekitar kaki dan lereng gunung Gede-Pangrango. Lokasi ini membuat Puncak Bogor memilki suhu udaranya yang rata-rata mencapai 14-18 derajat Celcius. Itu dikarenakan Puncak ini dikelilingi oleh gunung lain, yaitu Gunung Salak. 


Daerah Puncak memiliki kontur alam yang unik. Dimana hampir sebagian besar wilayahnya diselimuti perkebunan teh dengan latar belakang pegunungan sehingga daerah ini terkenal sebagai daerah wisata pegunungan baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara..

5.    Wisata Sekitar Dieng

Dieng berada pada ketinggian 2093 meter di atas permukaan laut sehingga suhu dan cuaca di Dieng cenderung dingin dan berkabur. Pada siang hari saja Dieng memiliki suhu 12-18 derajat celcius sedangkan di malam hari suhu berada diantara 6012 derajat celcius. Belum lagi dengan curah hujannya yang rata-rata 3.283 mm pertahun. 

Melihat kondisi geografisnya maka Anda perlu membawa jaket gunung saat berkunjung ke wilayah Dieng dan sekitarnya. Salah satu spot menarik untuk dinikmati keindahan alamnya ialah kawah Sikidang yang terdapat di Dieng Timur. Pemandangannya merupakan perpaduan antara asap belerang, hamparan bukit hijau dan tanah kapur yang begitu kontras.

Pastikan Anda membawa jaket gunung jika berkunjung ke tempat wisata di atas. Ada baiknya Anda juga menggunakan sepatu gunung untuk melindungi kaki Anda agar tidak kedinginan. Jika Anda belum memilikinya barangkali Anda bisa melihat referensi barang-barang dari Eiger yang pantas menjadi acuan.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *