Selasa, 24 April 2018

Tips Cerdas Modifikasi Menjadi Sepeda Drag dan Cara Tepat untuk Merawatnya

Jimsbrew - Sepeda drag merupakan sepeda motor hasil modifikasi yang terdiri dari rangka dan mesin serta menggunakan beberapa suku cadang yang berbeda dan ban yang ukurannya seperti sepeda. Sepeda ini biasanya digunakan untuk racing. Saat racing pengguna akan lebih merasa dapat memacu kecepatannya lebih tinggi. Selain itu juga motor yang dimodifikasi tentunya memperhatikan beberapa hal. Ada begitu banyak model dari sepeda motor racing ini yang dapat dibuat dan dirancang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Biasanya tampilan bodinya tidak enak dilihat jika digunakan untuk umum sehingga sangat cocok untuk kegiatan racing saja. Saat memodifikasi motor ini tentunya akan membutuhkan beberapa suku cadang.

Saat membuatnya maka pembuat dapat membeli berbagai suku cadangnya pada situs belanja online dengan mudah. Ada berbagai pilihan yang dapat dipilih untuk membuat motor ini melaju kencang.


Berikut adalah beberapa caranya: 
  • Pilih mesin yang bertulis YP1/YP2 pada boring mesin supaya mesin bagus dan tidak mudah jebol. 
  • Ganti pengapian motor karena akan berpengaruh terhadap mesin motor dan tentunya pada laju motor. 
  • Buat bubut noke as sesuai dengan ukuran piston dan juga klep yang dibuat supaya tidak mengalami kesalahan. 
  • Piston dan klep adalah hal yang harus dibuat terlebih dahulu untuk keseimbangan motor dan menyesuaikan dengan merek motornya. 
  • Perhatikan ketebalan stroke up untuk menambah cc motor dan mengoptimalkan laju kendaraan. 
  • Lakukan pergantian sasis, sasis yang digunakan harus ringan dan jika kurang ringan sebaiknya menggantinya dengan yang baru. 
  • Pada kaki drag bike sebaiknya pilih sokbeker sesuai ukuran motor dan sesuai ban karena akan berhubungan dengan mesin yang akan di bore up. 
  • Sesuaikan tampilan dengan selera pengguna dan pastikan sesuai wadahnya karena akan berpengaruh dengan keselamatan. 
  • Siapkan joki yang mengetahui peranan mesin. 
  • Gunakan sepeda motor untuk event motor drag.
Beberapa cara diatas cukup rumit, namun untuk mendapatkan drag bike yang bagus maka perlu memperhatikan hal diatas. Racing drag memang sedikit menyeramkan karena suara yang dihasilkannya dan bentuk motor yang cukup unik. Belum banyak yang mengetahui drag bike ini karena komunitasnya yang terbilang belum banyak dibanding komunitas sepeda motor lainnya. Walaupun demikian sudah banyak yang membuat kompetisi racing drag ini.

Berikut adalah merawat sepeda drag diantaranya:
  • Cek kondisi oli, oli berperan dalam pelumasan komponen mesin sehingga jika sudah hitam maka segera diganti. 
  • Cek kondisi aki, hindari untuk membiarkan air ACCU melewati batas maksimum dan minimum karena akan mempercepat kerusakan. Jika sudah melemah maka segera harus diganti. 
  • Periksa rantai dan gir, jika rantai kendor dapat copot dan terlalu kencang dapat putus dan jika gir sudah tajam maka segera diganti.

Selain beberapa hal diatas, perhatikan juga kabel koil yang menghubungkan listrik ke busi. Jika sudah terlihat ada retakan dan juga pengerasan pada kabel maka sebaiknya diganti. Kemudian, perhatikan selang bensin ke karburator jika ada bagian yang mengeras perlu dibersihkan supaya tidak menyebabkan penyumbatan. Beberapa komponen ini dapat diperoleh di beberapa situs belanja online terpercaya dengan mudah.

Sepeda drag biasanya digunakan oleh pria untuk aksi racing yang melaju dengan kecepatan tinggi. Sepeda road bike ini dipacu cepat karena menggunakan material yang ringan. Bahkan beberapa sepeda motor biasa sudah mengganti ban motor biasa dengan ban motor drag bike ini. Saat digunakan akan ringan dan membuat motor dapat melaju sesuai dengan kecepatan yang diinginkan dan perhatikan cara perawatannya supaya menjamin keselamatan penggunanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *