Kamis, 28 Juni 2018

Mekanisme dan Cara Penyambungan Pipa HDPE Secara Tepat

Jimsbrew - Fitting merupakan proses terpenting dalam pembuatan dan penyambungan saluran instalasi air. Dibandingkan dengan produk pipa lain, cara penyambungan pipa HDPE relatif lebih bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Pada umumnya ada 3 jenis fiiting yang sering digunakan saat penyambungan pipa HDPE, di antaranya.


1. Metode Penyambungan Pipa HDPE Mechanical Joint

Metode ini merupakan satu-satunya teknik penyambungan pipa HDPE tanpa menggunakan proses pemanasan. Dengan demikian, tentunya cara ini bisa dilakukan tanpa menggunakan bantuan mesin penyambung tamnbahan pipa. Cara penambungannya cukup mudah. Hanya menggunakan aksesoris comperession joint.

Fitting compression joint, dilengkapi dengan bagian yang berfungsi untuk mengunci pipa serta mencegah saluran agar tidak keluar dari jalur yang ditentukan. Mekanisme penyambungan pipa HDPE dengan menggunakan aksesoris compession joint hanyak dianjurkan untuk untuk jenis pipa HDPE roll.

2. Metode Penyambungan Pipa HDPE Butt Fusion

Metode ini merupakan teknik penyambungan pipa HDPE dengan teknik peleleham yang memanfaatkan karakter thermoplastic yang dimilikinya. Maksudnya adalah, material pipa HDPE akan dilelehkan dengan cara dipanaskan dan kemuadian didinginkan agar material pipa kembali mengeras. 

Merode ini justru memiliki tingkat kebocoran yang rendah. Sebab, bagian sambungan pipa memiliki karakter yang kuat dengan bagian utama pipa sehingga sangat mendukung bagi instalasi saluran air bersih hingga usia penggunaan mencapai 50 tahun lebih.

3. Metode Penyambungan Pipa HDPE Electro Fusion

Metode selanjutnya adalah metode penyambungan pipa HDPE electro fusion. Penyambungan pipa jenis ini membutuhkan aksesoris bahkan dengan mesin penymabung pipa bernama electro fusion. Teknik penggabungannya menggunakan bantuan energi listrik yang dikonversikan menjadi panas untuk melelehkan pipa.

Jenis aksesoris pipa pada metode yang satu ini relative memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Hal ini dikarenakan karena material penyambungan pipa ini hanya bisa didapat secara import. Sebab negara Indonesia belum bisa memproduksi sambungan tipe ini sendiri.

Nah, di atas merupakan beberapa cara yang biasa digunakan dalam penyambungan pipa HDPE. Pastikan Anda membuat sambungan instalasi saluran aor Anda dengan benar agar tidak mudah terjadi kebocoran dan kerusakan pada pipa. Dengan demikian maka Anda dapat meminimaliskan biaya pengeluaran Anda.  Ketahui pula beberapa Jenis Fitting PPR Berdasarkan Model Penyambungan.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *