Senin, 11 Juni 2018

Ragu Dengan Keamanan Transaksi Online dengan Kartu Kredit? Lakukan Tips dan Trik Berikut

Jimsbrew - Salah satu keuntungan dari menggunakan kartu kredit memang bukan hanya kemudahan transaksi secara offline. Dimana Anda tak perlu lagi menggunakan uang tunai untuk melakukan transaksi ini. Anda hanya perlu menggesek kartu saja. Bukan hanya memudahkan, cara ini pun sangat aman. Namun selain kemudahan dalam transaksi offline, transaksi online juga akan sangat mudah. Bahkan bisa dikatakan belanja online akan jauh lebih mudah karena Anda bisa melakukan transaksi dengan kartu kredit ini.

Namun meskipun mudah, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Apalagi bila bukan dalam hal keamanan. Untuk itu, lakukan tips dan trik berikut ini untuk memastikan keamanan pada belanja online dengan kartu kredit.


1. Situs terpercaya

Pastikan Anda melakukan belanja online hanya di situs yang terpercaya. Situs ini sudah harus dilengkapi dengan sistem keamanan untuk memastikan data kartu kredit Anda benar-benar aman. Sebaiknya jangan lakukan transaksi online dengan kartu kredit bila tak yakin dengan situs yang Anda gunakan.

2. Ketikan URL dengan benar

Ada banyak sekali bentuk penipuan online yang mungkin terjadi. Salah satunya, para penipu ini akan membuat situs yang persis sama namun dengan URL yang berbeda. Perbedaan URL ini bahkan sangat minimal sehingga Anda bisa-bisa tak menyadarinya. Sehingga meskipun Anda melakukan transaksi di situs yang Anda pikir aman, namun URL yang berbeda ini menjadi sebaliknya. Jadi pastikan Anda mengetikan URL dengan alamat yang benar.

3. Gunakan smartphone atau komputer sendiri

Jangan pernah memasukan data kartu kredit pada komputer yang bukan milik Anda. Tak perdul apakah itu komputer dan smartphone milik orang terpercaya. Terlebih lagi komputer umum seperti di internet cafe dan lainnya. Selain itu komputer, juga pastikan tak memasukan data kartu kredit dengan koneksi publik. Misalnya WIFI yang ada di cafe, di kampus, bahkan di kantor. Resiko adanya pembobolan dari koneksi ini sangat besar.

4. Simpan bukti pembayaran

Setiap kali Anda melakukan transaksi secara online, pastikan menyimpan bukti pembayaran. Bukti pembayaran ini bisa dikirimkan melalui email atau pun SMS. Pastikan bukti pembayaran memiliki nomor registrasi dan juga jumlah yang jelas.

Bukti pembayaran ini bukan hanya penting untuk Anda mengonfirmasi pesanan secara online. Namun juga untuk mencocokan nominal transaksi pada tagihan kartu kredit di akhir bulan nanti.

5. Masukan hanya data yang perlu

Pada saat melakukan transkasi online, Anda hanya akan diminta memasukan 4 data pribadi penting. Data ini berupa tanggal kadaluarsa kartu kredit, 4 digit kode pengaman kartu kredit, nomor kartu kredit, dan juga alamat pengiriman. Ada juga situs belanja online yang meminta nomor telepon untuk verifikasi. Namun selain itu, jangan masukan data lainnya terutama yang berkaitan dengan kartu kredit.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *