Senin, 24 Desember 2018

Jenis Pengobatan untuk Menghilangkan Benjolan di Payudara

Jimsbrew - Memiliki payudara berbentuk indah menjadi dambaan setiap wanita. Namun yang terpenting dari semua itu adalah kesehatan tubuh vital itu sendiri. Apabila terdapat benjolan di payudara, sudah pasti hal itu akan terasa tidak menyenangkan. Lalu apa saja jenis pengobatan serta cara yang bisa ditempuh untuk menghilangkan benjolan tersebut? Berikut ulasannya.  

benjolan di payudara

Krioterapi 

Seperti namanya, cara ini merupakan terapi beku yang bertujuan untuk menghancurkan sel tidak beraturan yang tumbuh pada payudara Anda dengan cara dibekukan. Dokter akan memasukkan jarum khusus berukuran kecil ke area yang terdapat benjolan. Kemudian nitrogen cair disuntikkan untuk membekukan benjola yang mengganggu. 

Luperktomi 
Luperkomi bisa juga disebut dengan operasi kecil. Mulanya dokter akan memberikan bius local kepada pasien. Setelah bius bekerja dengan baik, barulah benjolan tersebut akan diiris sedikit guna memberi akses guna memberi akses untuk mengangkat benjilan serta sedikit jaringan di sekitarnya untuk memastikan seluruh benjolan terangkat. 

Aspirasi Jarum Halus 

Berbeda dengan dua prosedur pengobatan sebelumnya, cara ini hanya bisa digunakan jika benjolan di payudara Anda berisi cairan.  Dokter akan menempatkan jarum khusus ke dalam benjolan guna menyedot cairan yang terdapat didalamnya. Jangan khawatir karena dokter akan menggunakan USG jadi penempatan jarum tidak akan meleset.  

Obat 

Bagi Anda yang tidak menginginkan prosedur pengobatan yang cenderung rumit, maka dokter bisa memberikan sejumlah resep untuk menurunkan kadar estrogen dengan pil KB. Jika benjolan tersebut merupakan mastitis yang menimbulkan rasa sakit, dokter biasanya akan memberikan resep antibiotic serta obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau bahkan parasetamol. 

Ibu menyusui pun bisa mengonsumsi obat tersebut dan tidak perlu berhenti menyusui karena obat-obatan tersebut aman untuk bayi. Sebaliknya, kondisi tersebut bisa membantu proses penyembuhan yang sedang dilakukan.  

Akan berbeda penanganan apabila benjolan yang terdapat di payudara Anda merupakan gejala kanker. Namun sebelum memastikan hal tersebut, dokter akan terlebih dahulu melakukan prosedur pemeriksaan lanjutan. Salah satunya adalah mammografi atau foto Rontgen  pada payudara. Beberapa cara lain yang bisa digunakan adalah: 

USG (Ultrasonografi) 
Selain itu dokter juga bisa melakukan pemeriksaan dengan menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambar yang biasa disebut dengan Ultrasonografi atau USG. Prosdur ini sangat berguna agar dokter lebih jelas dalam membedakan jenis benjolan padat serta benjolan yang berisi cairan.     

MRI 

Cara lain yang bisa dijalankan adalan dengan menggunakan medan magnet. Perpaduan antara medan magnet dan gelombang suara ini sangat berguna untuk menampilkan gambar benjolan yang terdapat pada payudara Anda. MRI ini merupakan pemeriksaan lanjutan dari mamografi dan USG terhadap gejala yang dirasakan oleh pasien saat pemeriksaan fisik.   

Sebagai salah satu aset terpenting yang dimiliki wanita, payudara berperan penting baik dalam segi penampilan maupun segi kehidupan percintaan. Munculnya benjolan di payudara tentu menjadi satu dari sekian banyak hal yang tidak diinginka. Beberapa jenis pengobatan di atas mungkin bisa mnejadi pilihan Anda sebagai sarana untuk menghilangkan benjolan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *