Selasa, 01 Oktober 2019

Jangan Asal Berobat ke Spesialis Kedokteran Gigi Anak, Kenali Dulu Cabang-cabangnya Berikut Ini!

Jimsbrew - Sakit gigi termasuk dalam jenis penyakit yang pastinya pernah dialami oleh manusia, hanya saja mungkin berbeda intensitasnya untuk setiap orang, ada yang masih dalam tahapan ringan, namun tidak jarang juga diantaranya yang benar-benar parah bahkan juga sampai tidak tertahankan, sehingga membutuhkan pengobatan ke dokter spesialis kedokteran gigi anak. Apalagi masalah yang berhubungan dengan gigi ini sendiri termasuk dalam kondisi yang sangat riskan. 

ke dokter spesialis kedokteran gigi anak

Tak jarang bahkan diantara masyarakat yang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk kebutuhan perawatan gigi mereka saja, diantaranya adalah untuk memperindahnya, mulai dari pemasangan behel, veneer dan sebagainya. Sehingga tidak heran juga jika seandainya keberadaan dokter gigi ini juga sangatlah banyak di tengah-tengah Anda. Semuanya menawarkan layanan konsultasi hingga tindakan sesuai dengan kebutuhan pasiennya. Hanya saja Anda sendiri sebagai pasien yang hendaknya tidak boleh asal dalam memilih, apalagi dengan begitu banyaknya keberadaan dokter gigi saat ini, karena tak jarang diantaranya yang kurang berpengalaman atau tidak memiliki kualifikasi khusus sesuai dengan kualitas yang dibutuhkan. 

Bahkan jika Anda melihat spesialis kedokteran gigi anak sendiri jenisnya sangat banyak, terbagi atas beberapa jenis, diantaranya adalah: 

  1. Pedodontis, ini adalah dokter gigi yang secara khusus menangani masalah gigi anak, apalagi di usia dini maka jadi masa yang paling rawan untuk buah hati, gigi akan mudah sekali rusak dengan kebiasaan mereka, seperti senang mengkonsumsi makanan yang manis-manis maupun disebabkan karena kurangnya sikat gigi, sehingga membutuhkan perawatan yang tepat dari dokter gigi. Masalah ini dapat dipercayakan kepada pedodontis.
  2. Ortodontis, spesialis yang satu ini umumnya lebih ditujukan kepada mereka yang ingin memperindah gigi mereka, seperti diantaranya adalah menginginkan bentuk gigi lebih sempurna, dengan memasang behel misalnya. Karena bagian yang satu ini memang memiliki keahlian khusus di dalam meratakan gigi, membuatnya jadi lebih indah.
  3. Endodontis, bagian ini juga menangani masalah gigi yang hubungannya adalah dengan estetika, disebut juga sebagai dokter gigi konservasi. Mereka juga mampu di dalam memberikan langkah pencegahan dan penanggulangan masalah-masalah pada gigi secara umum layaknya karies, restorasi, kosmetik gigi dan sebagainya, termasuk diantaranya adalah dengan melakukan pembedahan.
  4. Periodontis, bagian yang ahli di dalam jaringan penyangga gigi. Biasanya dilakukan untuk mengatasi penyakit atau kelainan yang terjadi pada gusi, hingga jaringan penyangga pada gigi yang lainnya.
  5. Bedah mulut, khusus untuk spesialis bedah mulut ini maka mereka bisa menangani berbagai macam keluhan Anda terkait dengan gigi dan juga mulut, termasuk diantaranya jika ingin melakukan operasi sumbing maka dapat dipercayakan kepada spesialis tersebut.
  6. Prostodontis, bagi mereka yang ingin pasang gigi baru karena gigi yang lama copot sehingga sangat menganggu estetika, maka bagian yang satu ini adalah ahlinya, karena mereka dapat membuat gigi palsu dan ahlinya di dalam perawatan sendi.
  7. Oral medicine, penyakit yang berhubungan dengan mulut seperti diantaranya adalah disebabkan oleh bakteri, jamur hingga masalah pada rahang maka untuk perawatannya bisa dipercayakan pada dokter tersebut.
  8. Dental radiologist, spesialis ini memiliki keahlian dalam bidang padiologi yang juga termasuk bagian dari kedokteran gigi. 

Jangan sampai salah dalam melakukan pengobatan ke spesialis kedokteran gigi anak, karena semuanya menangani masalah yang berbeda-beda sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Tak hanya pengobatan melainkan juga bisa menangani masalah gigi yang berhubungan dengan estetika.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *